Senin, 19 November 2012

HONDA EVO 6

Honda EVO6 merupakan motor konsep yang pernah diperkenalkan Honda di acara Tokyo Motor Sport 2007 silam. Mengusung mesin generasi Honda Goldwing, EVO6 memiliki kapasitas mesin 1.833 cc enam cylinder. Mesin sebesar itu sanggup mengeluarkan tenaga hingga 240 hp (179 kW).

Ada yang menarik dari motor keluaran pabrikan Jepang tersebut, yakni tidak adanya gear shift. Peranan tuas pemindah gigi ini digantikan teknologi Human Friendly Transmission (HFT). Sebuah teknologi yang mirip transmisi otomatic pada mobil F1, yang menggunakan dua pilihan mode, Drive dan Sport. 

Pengendara tinggal menekan tombol D, maka motor akan berjalan tanpa perlu repot memindahkan tuas trnasmisi. Dan aktifkan mode sport jika ingin mendapatkan akselerasi yang lebih cepat.

Berbeda dengan EVO6, Honda DN-01 sudah diproduksi secara massal. Menggunakan mesin 680 cc 8 valve SOHC V-Twin, motor futuristik ini memiliki tenaga 45 dk pada 7.500 rpm. Transmisi yang digunakan serupa dengan EVO6, yakni HTF. Namun hebatnya transmisi bisa diubah menjadi manual melalui tombol yang terletak disebelah kanan stang. Mirip Triptonic pada mobil.

Meski memiliki kapasitas mesin yang besar, DN-01 sudah menerapkan PGM-FI (Programmable Fuel Injection) untuk mengatur suplai bahan bakar ke mesin. Hasilnya, untuk pemakaian satu liter sanggup digunakan hingga jarak 25 km.

Sementara itu robot humanoid Asimo juga akan beraksi di stand Honda untuk menghibur anak-anak. "Asimo akan tampil tiap hari untuk memberikan salam kepada para pengunjung yang datang. Selain itu anak-anak sekolah yang kami undang nantinya bisa berinteraksi dengan Asimo," ujar Loman.

Asimo yang merupakan kependekan dari (Advanced Step in Innovative Mobility) didesain untuk membantu pekerjaan manusia dan suatu saat mengasuh orang tua dan penyandang cacat di rumah. 

Namun, selain terus mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan Asimo, Honda telah menggunakannya untuk menginspirasi generasi muda untuk tertarik dalam bidang sains dan teknologi. 

Asimo merupakan robot humanoid yang sanggup berjalan dengan dua kaki. Dia dilahirkan pada tahun 2000. Sampai saat ini robot tersebut telah mampu menari, menyajikan teh, dan melakukan komunikasi sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar