Jumat, 13 September 2013

Daftar Hewan Berwajah Terburuk, Bekantan Salah Satunya

Blobfish, ikan laut berbentuk seperti agar-agar merah muda, terpilih sebagai binatang terburuk di dunia dalam pemungutan suara oleh publik. Ikan yang seolah berwajah cemberut ini menjadi maskot resmi kelompok yang mengurus binatang yang dianggap tidak sedap dipandang, Ugly Animal Preservation Society.

Komunitas ini dibentuk sebagai badan komedi bertema sains yang kemudian mengganti maskot untuk menarik perhatian bagi spesies yang terancam punah dengan bentuk yang tidak biasa. Pengumuman binatang berbentuk paling buruk ini diumumkan di Festival Sains Inggris di Newcastle.

blobfishBlobfish banyak ditemukan di perairan Australia dan Tasmania. (BBC.co.uk/Indonesia)

Ikan dengan nama Latin Psychrolutes marcidus ini banyak ditemukan di lepas pantai Australia dan Tasmania. Ikan ini terpilih di tempat teratas dalam daftar yang mencakup monyet bekantan, kapapo (kakatua) dari Selandia Baru, axoloti (salamander), dan titicaca (kodok air).

Pakar biologi Simon Watt yang juga presiden Ugly Animal Preservation Society, mengatakan, ia berharap kampanye ini dapat menarik perhatian masyarakat terkait ancaman binatang-binatang yang berbentuk aneh ini.

Khusus untuk moenyet bekantan yang berasal dari Kalimantan, pada tahun 1988, dalam program televisi BBC, Odd Noses of Borneo, Sir David Attenborough menjawab pertanyaan mengapa monyet bekantan yang dilindungi ini memiliki hidung panjang.

"Kita hanya melindungi binatang karena mereka lucu, seperti panda," kata Attenborough kepada BBC. "Bila ancaman kepunahan ini hanya terbatas, maka memusatkan pada binatang seperti ini kehilangan artinya." tambahnya.
(Sumber: bbc.co.uk/indonesia)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar